Wednesday 25 March 2009

WIN-WIN SOLUTION TIDAKLAH CUKUP

Salah satu kunci sukses dalam berhubungan jangka panjang adalah adalah Win-Win solution, baik kepada customer, klien, teman atau kepada Boss kita. Kalau kita untung orang lain rugi diyakini tidak berjangka panjang, lambat laun hidup makin sempit dan terbatas. Teman dan relasi makin menjauh karena orang tidak senang dengan karakter egois.


Dalam persaingan yang sangat ketat seperti sekarang, untuk memenangkan hati pelanggan kita harus berlomba. win-win saja tidaklah cukup. Kita harus menggunakan prinsip yang baru yaitu:

1. "Win others first" , atau
2. "Win others more".

WIN OTHERS FIRST

Kita harus menguntungkan orang lain dahulu baru kita peroleh diuntungkan kemudian. Contoh untuk bisa naik pangkat, maka harus menunjukkan kinerja yang hebat dulu, baru Boss memilih kita. Bukan dibalik, kita minta dinaikkan gaji dulu baru kerja lebih giat. Karena Boss akan memilih orang yang paling siap untuk menduduki jabatan itu, dan anda menjadi paling siap jika pada saat sebelum naik gaji anda sudah menunjukkan kinerja yang hebat dahulu.

WIN OTHERS MORE

Kalau anda ingin diingat orang lain, berikan lebih banyak dari yang anda terima. Contoh jika anda diberi hadiah seharga 10.000 balaslah dia dengan hadiah yang lebih dari itu. Pemberian lebih menimbulkan kesan yang mendalam tentang kebaikan anda, kebaikan anda menimbulkan rasa nyaman, trust, dan perasaan berhutang budi yang suatu ketika harus dibalas.

Dalam konsep marketing jika perusahaan memberikan kepada customer lebih dari yang diharapkan bisa menimbulkan kepuasan maka customer menjadi loyal. Begitu juga jika anda ingin diingat Boss maka musti memberikan lebih banyak dari yang ia minta. Anda harus pastikan bahwa kerja anda lebih dahsyat dari bayaran yang anda terima.

Mungkin anda bertanya "Pak tapi saya sudah berbuat begitu kok gaji saya belum naik juga?"

Kalau begitu anda harus bekerja lebih hebat lagi hingga Boss anda benar2 sadar bahwa anda tidak pantas lagi digaji sebesar itu. Percayalah kalau anda memberikan jauh lebih hebat dari yang anda terima pasti Boss tahu. Kalau Boss tidak tahu juga maka anda bisa dibajak Boss lain yang tahu kehebatan anda.

Kalau anda karyawan, hebatnya seorang karyawan adalah:
- Dia menyenangkan Boss dan semua orang yang berhubungan dengannya.
- Dia menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

IKHLAS

Nah, ada yang labih indah dari semua itu, adalah kalau kita berbuat baik kepada orang lain semata2 ikhlas karena Allah, insya Allah kita akan mendapatkan rahmatNya. Itulah keberuntungan yang sebenar-benarnya. Allahu a'lam.

OK sampai di sini dulu, sukses ya....
Semoga bermanfaat

Wassalam.

No comments:

Post a Comment