Saturday 23 January 2010

Menjaga Kebugaran Dengan Berpikir Positif

Bayangkan ketika anda sedang sangat letih, saangat letih. Bagaimana rasanya?
Begitu letihnya hingga daya tahan tubuh terasa turun. Mungkin sekeliling mata terasa panas, atau mungkin tenggorokan terasa agak gatal, atau bahkan sudah sedikit batuk-batuk. Atau barangkali kepala agak pusing, atau mungkin gusi terasa agak nyeri.



Apa yang biasanya anda pikikan pada saat-saat  sepert itu?
Apakah anda berpikir "Kayaknya mau batuk ini...."
atau "Bentar lagi Flu kayaknya.."...
atau "Badanku panas, jangan-jangan mau sakit nih..."
Dan kemudian terjadilah. Bangun tidur, kondisi anda semakin memburuk, dan anda mengatakan "nah bener kan....". Padahal pekerjaan anda belum selesai, masih ada yang harus anda selesaikan sendiri dan tidak bisa diwakilkan.

Saudara.
Sebuah tips yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi itu adalah berpikir positif.
Berpikir positif adalah fokus pada solusi, bukan fokus pada masalah. Kalau anda terasa letih dan agak sakit, jangan fokus pada "Waduh, aku akan sakit...." dan sejenisnya. Tapi fokuslah pada solusi bagaimana agar tetap bugar.

Tanyakan kepada diri anda "Apa yang harus kulakuan agar tetap bugar?" atau "Apa yang harus kulakukan agar kembali sehat?".

Jawabanya bisa beragam, tergantung keyakinan dan kebiasaan masing-masing orang.
Misalnya anda yakin, "saya kayaknya perlu obat nih....",
atau " saya kayaknya perlu istirahat untuk kembali bugar"
atau " saya perlu madu dan obat turun panas lalu tidur barang 2 jam, insya Allah bugar kembali".
atau " saya rasa, saya perlu mandi air hangat dan tidur awal, insya Allah besok saya bangun segar kembali. 
atau " saya perlu jogging beberapa menit untuk mengusir virus ini.....".
Sekali lagi, tiap orang bisa memiliki jawaban yang berbeda, tergantung keyakinan dan kebiasaannya.

Visualsasi
Apapun yang anda yakini dari jawaban atas pertanyaan tersebut, ituah yang musti anda perhatikan.  Teruslah berpikir tentang jawaban anda itu, fokuslah. Kuatkan keyakinan anda itu dengan  membayangkan situasi anda akan sehat kembali kalau melakukannya.

Jangan hanya ide tapi benar2 Lakukan
Selanjutnya anda memang harus benar2 melakukannya sesuai dengan jawaban tadi. Misalnya anda perlu minum madu dan isirahat barang 2 jam. Lakukanlah minum madu dan kemudian istirahatlah selama 2 jam, jangan lupa awali dengan basmalah dan berdoa minta kesembuhan dari Allah.

Jadi intinya adalah Fokus pada "Bagaimana agar bugar kembali?"

Allah berfirman dalam hadis Qudsi: 
"Aku mengikuti sangkaan hambaku padaku. Jika sangkaannya baik, kebaikan itu ia dapatkan, dan jika sangkaannya buruk, keburukan itu ia dapatkan. (rowahu Ahmad).

Saya sendiri sering melakukan hal ini, dan alhamdulillah sangat efektif.
Tidak hanya untuk kasus kecil, tapi juga untuk kasus-kasus besar. Shadaqallahu warasuuluh.


Allahu a'lam

No comments:

Post a Comment