Friday 2 October 2009

THE SECRET OF SUCESSFUL COMMUNICATION

EXCELLNCE COMMUNICATION WITH NLP

Untuk sales, bisnis, persuasi, concealing, profesional, keluarga bahagia, dll

Di balik setiap sukses seseorang selalu ada dukungan orang lain. Mungkin orang tua, saudara, dosesn, boss, anak buah, klien, customer, birokrat, atau lainnya. Dan kunci untuk mendapatkan dukungan itu adalah komunikasi yang sukses. Metode excellence Communication with NLP sangat efektif untuk memperoleh sukses komunikasi.

Tahukah anda SUKSES sebuha KOMUNIKASI bukanlah:
Seorang politikus yang mampu menunjukkan kehebatan dirinya di hadapan publik, atau Seorang direktur atau manajer yang mampu memarahi anak buahnya lalu anak buahnya takut, atau seorang sales yang bisa mengalahkan pelanggannya dalam perdebatan membela produknya, atau seorang dosen atau guru yang bisa menunjukkan kehebatanya dihadapan siswa sehingga mereka tunduk dan tidak berani bertanya, atau seorang karyawan yang berhasil memenangkan diskusi dan mempermalukan Bossnya di depan teman-teman, atau seorang suami dan ayah yang mampu marah-marah sehingga istri dan anak-anak tunduk ketakutan padanya.


Bukan itu semua saudara-sauara, akan tetapi sukses dari sebuah komunikasi adalah ketika dengan komunikasi itu kedua belah pihak berhasil mencapai tujuannya masing-masing dengan senang dan senang (win-win).
Tujuan utama dalam sebuah komunikasi adalah: Anda menyampaikan pesan yang perlu dimengerti oleh partner bicara dan berharap ia melakukan sesuatu dengan senang hati dari apa yang anda pesankan. Maka keberhasilan sebuah komunikasi adalah terletak pada respons yang diberikan, apakah sudah seperti yang anda harapkan.

Komunikasi yang sangat efektif dan dilakukan dengan persuasi dari hati ke hati bisa dilakukan dengan tahapan seperti di bawah ini:

1. Mempunyai persepsi yang baik

Persepsi anda tentang dia, dan bagaimana dia adalah menjadi modal awal keberhasilan anda berkomunikasi. Jika anda mempunyai persepsi buruk tentang sesorang maka anda memancarkan sikap buruk. Secara tidak sadar anda menyiapkan muka yang buruk, pilihan kata yang buruk, dan gestur yang buruk untuk menghadapi orang yang anda persepsi buruk.

2. Membangun keakraban dan kenyamanan

Membangun kepercayaan  penting bahkan untuk teman yang sudah dikenal sekalipun. Kita harus memastikan bahwa ia percaya dengan maksud kalimat kita tidak merugikan dia, tidak mengancam keselamatan atau kenyamanan dia. Apalagi kepada orang yang belum dikenal.

3. Efective Motivating

Effective motivating yang kami maksud adalah bagaimana menyuruh orang lain mau melakukan apapun yang kita inginkan dan ia masih berterima kasih.

Komunikasi adalah memotivasi, karena itu untuk bisa memotivasi dengan efektif kita harus tahu dulu apa value yang bisa memotivasi dia. Bangunlah sebuah motivasi dengan value yang ia miliki. Kemudian kaitkan maksud (tujuan) anda dengan motivasi yang sudah anda bangun.

4. Mendeteksi Deal Signal

Deteksilah apakah wajah, sikap gesture dan kata-kata sudah menunjukkan sebuah persetujuan. Jika tidak ada lagi perlawanan untuk menolak maka segera anda lakukan deal dan memberikan ajakan dengan pilihan yang jawabnya ya dan ya. Berikan pilihan yang berat dulu kemudian susulkan yang ringan, atau yang banyak dan sedikit, atau yang sulit dulu lalu yang mudah.

5. Mengatasi keberatan
Jika ia keberatan anda bisa meng-urai (chunking down) apa keberatannya dan berikan solusi yang masuk akal.
Pertanyannya:
1.Kalau sudah terlanjur punya persepsi buruk tentang seseorang bagaimana merubahnya?
2.Untuk bikin trust bagaimana caranya?
3.Apa sih value itu, dan bagaimana cara mengetahui value seseorang
4.Bagaimana contohnya melakukan motivasi
5.Bagaimana contohnya mengatasi keberatan, apa itu chungking down?

Untuk informasi training: hubungi 0813 2585 3585

1 comment:

  1. Sederhananya gini nih.. dengerin-in orang klo mau didengerin-in, cuek-in orang klo mau dicuek-in, dst.. termasuk ketawa-in orang klo mau diketawa-in karna digebukin he he he, mantap. tinggal dipilah-pilih dan pilihan dimata anda.. kwkwkwkw

    ReplyDelete