Sunday 10 February 2013

SIKAP SUPER YANG DILAKUKAN ORANG2 HEBAT


SIKAP SUPER YANG DILAKUKAN ORANG2 HEBAT
Sumber: Tracy, Brian.  Our Steps to a Super Attitude | Personal Success | 20 Oktober 2008

Ini bukan soal apa yang terjadi tetapi yang penting adalah bagaimana Anda bereaksi terhadap apa yang terjadi pada Anda, terutama bila Anda memiliki masalah yang tak anda inginkan dalam bentuk apapun.


Tentukan Cara Anda Bereaksi
Ini bukan soal apa yang terjadi tetapi yang penting adalah bagaimana Anda bereaksi terhadap apa yang terjadi pada Anda, terutama bila Anda memiliki masalah yang tak anda inginkan dalm bentuk apapun

Kali ini, Anda akan belajar tentang strategi yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk menjaga diri berpikir dan bertindak positif dan kreatif sebagai leader dari sebuah unit organisasi atau sebagai individu.

Berikut ini ada empat hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa sikap Anda adalah yang terbaik yang bisa anda lakukan dalam segala keadaan.


1. Fokus Pada Masa Depan
Pertama, apa pun tantangan yang anda hadapi, fokuslah pada masa depan daripada masa lalu. Tidak banyak berguna khawatir tentang siapa yang telah melakukannnya dan siapa yang harus disalahkan, lebih baik fokus pada apa yang Anda inginkan dan apa yang ingin Anda lakukan. Dapatkan gambaran mental yang jelas tentang masa depan yang ideal tentang sukses Anda, dan kemudian ambil tindakan apapun yang Anda bisa untuk mulai bergerak ke arah itu. Rasakan emosinya semangatnya, imajinasikan dan pikirkan masa depan yang anda inginkan.

Dan yang lebih penting lagi dari semuanya adalah, bukan hanya masa depan tetapi jangka panjang, ketika Anda anda memperhatikan apa yang terjadi pada jangka panjang, anda tidak akan berbuat gegabah karena anda tahu tujuan jangka panjang anda pastilah mulia. Orang2 yang berpikir jangka pendek cenderung serampangan, yang penting saat ini jangka panjang itu soal nanti. Sebaliknya bagi orang bijak yang bertujuan jangka panjang, ketika menghadapi masalah dia akan berpikir, yang penting bukan saat ini, bagaimana nanti jangka panjangnya, apakah akan baim atau buruk?

2. Berfikir Solusi
Kedua, setiap kali Anda dihadapkan dengan kesulitan, fokus pada solusi bukan pada masalah. Berpikir dan berbicaralah tentang solusi yang ideal dari hambatan atau kemunduran, daripada membuang-buang waktu mengulangi dan merenungkan masalahnya. Solusi adalah identik dengan positif, dan masalah adalah identik dengan negatif. Saat anda memikirkan sesuatu tentang solusi, pada saat itu Anda menjadi manusia yang positif dan konstruktif.
Belajarlah untuk mengatasi stres dalam waktu yang genting.

3. Lihat Sisi Baiknya
Ketiga, bahwa ada sesuatu yang baik tersembunyi di dalam setiap kesulitan atau tantangan. Dr Norman Vincent Peale, seorang pendukung utama berpikir positif, pernah berkata, "Setiap kali Tuhan ingin memberikan kita karunia, Dia membungkusnya dalam suatu masalah." Semakin besar karunia yang akan diberikan, semakin besar masalah yang Anda akan terima. Namun indahnya adalah bahwa ketika Anda mencari karunia, Anda akan selalu menemukannya.
Saya sering mengatakan bahwa selalu ada yang bisa disyukuri dari setiap kejadian.

4. Carilah Pelajaran Yang Berharga
Keempat, bahwa situasi apapun yang Anda hadapi saat ini adalah sebuah situasi yang Anda perlukan untuk menjadi lebih sukses. Situasi ini telah dikirimkan kepada Anda untuk membantu Anda belajar sesuatu, untuk membantu Anda menjadi lebih baik, untuk membantu Anda berkembang dan tumbuh.

Putuskan untuk Menjadi Positif
Maka sikap Mental Positif sangat diperlukan untuk keberhasilan Anda. Anda dapat menjadi positif seperti yang Anda inginkan jika Anda hanya akan berpikir tentang masa depan, fokus pada solusi dan lihatlah sisi baiknya, dan belajar dari kejadian itu untuk menjadi lebih baik. Jika Anda melakukan apa yang orang-orang sukses telah lakukan, jika Anda menggunakan pikiran Anda untuk mengontrol mental demi mengatasi situasi ini, maka saat itu Anda sangat positif dan ceria. Dan Anda akan menuai keuntungan yang sudah dinikmati oleh orang-orang sukses.

Latihan
Berikut adalah tiga langkah untuk latihan:
1.      Berorientasi solusi dengan setiap kesulitan yang Anda hadapi. Biasakan mencari jawaban atas pertanyaan Anda, solusi untuk masalah Anda.
2.      Temukan pelajaran berharga dalam setiap kesulitan. Buatlah daftar dari setiap ide atau wawasan Anda dapat memperoleh dari setiap kemunduran atau kesulitan.
3.      Berpikir di atas kertas. Luangkan waktu untuk menuliskan setiap detail dari masalah, dan kemudian mengambil langkah berikutnya yang paling logis untuk mengatasinya.



2 comments: