Thursday 1 May 2008

THE SECRET – MENURUT ALQURAN-ALHADITS

PREFACE

Sebuah rahasia besar telah diungkap. Rhonda Byrne (2006), dengan bukunya The Secret, serta Michael J. Losier (2006) dengan bukunya Law Of Attraction telah mengungkap sebuah rahasia besar tentang kehidupan, kesuksesan dan kejayaan.

Berikut ini adalah kutipan dari buku “The Secret” dan “Law Of Attraction”

Rhonda Byrne: Pembuat Film dan Penulis Buku The Secret.
Rahasia ini telah diwariskan selama berabad-abad, didambakan banyak orang, disembunyikan, dihilangkan, dicuri dan dibeli dengan harga yang sangat mahal. Rahasia yang berusia berabad-abad ini telah dipahami orang-orang ternama dalam sejarah: Plato, Galileo, Beethoven, Edison, Carnegie, Einstein dan para penemu theology, ilmuwan serta para pemikir besar. Sekarang rahasia ini diungkapkan kepada dunia. Ketika anda mempelajari rahasia ini, anda akan menyadari bahwa anda dapat memiliki atau melakukan apapun yang anda inginkan. Anda akan menyadari siapa sesungguhnya diri anda. Anda akan menyadari keagungan sejati yang sedang menanti anda dalam hidup ini. Rahasia ini disebut oleh dunia “The Secret / The Law Of Attraction” (Suatu Rahasia / Hukum Tarik-menarik)

John Assaraf: Wiraswastawan dan ahli pengolah keuangan.
Kita dapat memiliki apapun yang kita pilih. Terlepas dari seberapapun besarnya. Rumah seperti apa yang anda inginkan? apakah anda ingin menjadi jutawan? Bisnis seperti apa yang anda inginkan? Apakah anda menginginkan lebih banyak sukses. Apa yang sungguh-sungguh anda inginkan.

DR. Denis whaitly: Psikolog dan pelatih potensi pikiran.
Para pemimpin di masa lalu yang memiliki rahasia ini ingin menyimpan sendiri kekuatannya. Mereka membuat orang-orang mengacuhkan rahasia ini. Orang-orang pergi ke tempat kerja, bekerja lalu pulang ke rumah dalam rutinitas. Mereka berada di ban berjalan tanpa daya karena rahasia ini disembunyikan dan hanya diketahui oleh sedikit orang.

Michael J. Losier, Penulis buku Law Of Attraction.
Tanpa disadari, ada getaran hebat yang sedang bekerja dalam diri anda. Ia seperti ‘magnet hidup’ yang mampu menarik benda-benda atau hal-hal yang anda dambakan dan menolak apapun yang tak anda inginkan. Inilah prinsip kerja Law Of Attraction. Namun, tidak semua orang sadar dan tahu bagaimana menggunaknnya dengan baik. Memang, kemampuan daya tarik ini bisa diperoleh karena bakat. Tetapi sebenarnya juga bisa dipelajari. Seberapa baiknya kemampuan daya tarik anda tergantung pada apa dan bagaimana anda melakukannya.



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, Pencipta dan Pengelola alam semesta. Aku memujinNya, senantiasa bergantung padaNya, memohon ampun kepadaNya, dan padaNya pula aku berlindung dari buruknya diriku, buruknya perilakuku. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi, dan barang siapa yang Allah sesatkan dia maka tidak ada yang bisa menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Dia dan Muhammad adalah utusanNya. Kemudian shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada manusia yang paling mulia, Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam. Juga kepada keluarganya, sahabat-sahabatnya, dan pengikut-pengikut setianya hingga hari kiamat.

Para pembaca yang dirahmati Allah, buku ini bertujuan untuk mengkaji dua buku terkenal dan fenomenal, yang telah memperoleh international best seller yaitu The Secret dan Law Of Attraction dipandang dari kaca mata AlQuran dan AlHadits. Saya mendapati poin-poin dalam ajaran The secret & Law Of Attraction selaras dengan beberapa ayat-ayat Quran dan hadits yang saya temukan, meskipun kalimat-kalimat penyampaian dari kedua buku itu terkesan berlebihan. Itu bisa dimengerti, karena tidak lain tujuannya adalah untuk meyakinkan pembacanya, sesuai dengan semangat buku itu sebagai alat motivasi. Maka dari itu ada beberapa poin dari buku tersebut yang perlu diwaspadai karena berpotensi untuk timbulnya kesombongan diri, atau jatuh musyrik bahkan kafir, jika pemahamannya keliru. Sebagai contoh misalnya, di dalam buku The Secret untuk membuat Law Of Attraction bekerja maka “Langkah pertama adalah meminta, berilah tugas kepada semesta, biarkan semesta mengetahui apa yang anda inginkan, semesta selalu merespons pikiran-pikiran anda.”. Ketika berdoa kita disuruh meminta kepada the univers atau alam semesta. Tentu saja hal ini berpotensi musyrik. Contoh lainnya “anda adalah arsitek diri anda sendiri”, kalimat ini bermakna bahwa nasib manusia ditentukan oleh dirinya sendiri, karena apapun yang terjadi pada diri manusia sebenarnya karena pikiran manusia itu sendiri. Jika tidak hati-hati ini juga berpotensi untuk ingkar terhadap adanya takdir.

Dengan membaca kajian ini diharapkan bisa mengambil manfaat, pertama sebagai informasi kepada umat Islam apakah ajaran The secret & Law of Attraction (LOA) selaras dengan ajaran Islam. Namun lebih dari itu tulisan ini diharapkan bisa membukakan mata hati kita bahwa ternyata poin-poin penting dari kedua buku tersebut telah diajarkan oleh Muhammad Rasulullah 1400 tahun yang lalu, dengan catatan ada beberapa poin yang perlu dikritisi.

Bagi saya, The Secret dan Law Of Attraction merupakan testimoni dan bukti akan kebenaran ajaran Muhammad Rasulullah. Kedua buku ini membukakan mata hati saya, menambah iman tentang Firman Allah dalam hadits Qudsi “Aku mengikuti sangkaan hambaKu padaKu, jika sangkaannya baik maka baiklah baginya, dan jika sangkaannya buruk maka buruklah baginya”. Serta Firman Allah dalam AlQuran “Mintalah kepadaKu niscaya Kuperkenankan bagimu”. Sebagai orang yang beriman, saya dengan sepenuh hati percaya dengan hal tersebut, namun bertahun-tahun saya sulit memahaminya. Banyak orang susah dan gagal yang seolah bertentangan dengan kedua firman Allah di atas. Dengan kedua buku itu saya mendapatkan hikmah melihat bukti kebenaran bahwa firman-firman Allah tersebut, benar-benar nyata telah terimplementasi di Bumi. Maha benar Allah dengan segala firmanNya. Inilah pokok pikiran dari dari buku ini.

Saya menyadari bahwa dengan keterbatasan yang kami miliki, ilmu, kemampuan, dan waktu, kajian ini masih jauh dari sempurna, karena itu dengan senang hati kami mengharap masukan-masukan dan koreksi, demi tercapainya pemahaman yang benar.



BAB I.
THE SECRET ATAU LAW OF ATTRACTION

1. Apa sebenarnya The Secret atau Law Of Attraction itu?

Menurut Bob Proctor, seperti yang tertuang dalam The Secret, bahwa hidup manusia ini sebenarnya berada dalam pengaruh dari sebuah kekuatan besar yang tak terhingga. Kekuatan tersebut dalam mempengaruhi hidup manusia mengikuti sebuah hukum yang disebut “Law Of Attraction”. Berikut adalah cuplikan dari buku The Secret.

Kita semua hidup dan bekerja dengan suatu kekuatan yang tak terhingga. Kita semua terbimbing secara persis sama. Di manapun anda—India, Australia, Selandia baru, Stockholm, London, Toronto, Montreal, atau New York kita semua hidup dan bekerja dengan satu kekuatan satu hukum yaitu hukum tarik-menarik “The Law Of Attraction”. Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup anda adalah karena ditarik oleh anda sendiri. Segala sesuatu itu tertarik ke anda karena gambar-gambar yang anda pelihara dalam benak; oleh apa yang anda pikirkan. Apapun yang ada dalam benak anda menariknya ke dalam kenyataan hidup anda. Orang-orang kaya dalam hidupnya telah menggunakan rahasia ini, terlepas dari apakah mereka sadar atau tidak. Mereka memikirkan tentang kelimpahan dan kekayaan, dan mereka tidak membolehkan pikiran-pikiran yang sebaliknya memasuki benak mereka. Pikiran utama mereka adalah kekayaan. Pikiran utama mereka adalah kekayaan tidak ada yang lain, itulah yang membuat kekayaan tertarik dalam hidup mereka. Inilah cara kerja hukum tarik-menarik.

Hukum tarik-menarik bekerja karena adanya pikiran dominan yang ada di benak anda, ketika yang dominan ada di benak anda adalah kekayaan maka kekayaan akan tertarik masuk dalam hidup anda, sebaliknya ketika yang dominan dalam benak anda adalah kesulitan hidup maka yang akan hadir adalah kesulitan. Anda boleh saja mengatakan aku tidak mau gagal, aku menyadari betul hidup ini sulit karena itu aku harus kerja keras. Jika yang ada di benak anda adalah kata-kata gagal, hidup ini sulit dan kerja keras maka anda sedang menarik dalam hidup anda kondisi hidup yang sulit, gagal dan kerja keras. Apapun yang dominan dalam benak
anda itulah yang akan tertarik ke dalam hidup anda. Demikianlah hukum tarik-menarik bekerja (Bob Proctor dalam Ronda Byrne, 2006).

Jadi apapun yang ada dalam benak kita jika kita pelihara terus menerus sehingga menjadi perhatian kita yang dominan, maka itu akan terjadi masuk dalam hidup kita. Terlepas dari apakah kita sadari atau tidak, atau apakah kita suka atau tidak. Kadang kita tidak menyadari tentang kehawatiran kita bahwa berbagai kebutuhanku terus meningkat sedangkan penigkatan penghasilan tidak sebanding dengan meningkatnya kebutuhan, sehingga masa-masa mendatang pasti akan semakin sulit. Jika kehawatiran seperti ini terus kita pelihara maka itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. Dan sebaliknya, ketika kita bersukur dengan apa yang telah kita dapat dan optimis bahwa apa yang akan kita peroleh dimasa datang adalah kelimpahan, kecukupan, dan kemudahan maka itu pula yang akan kita peroleh dalam hidup kita. Itulah yang disebut sebagai hukum Tarik-menarik atau Law Of Attraction. Apa yang anda pikirkan dengan segenap perhatian sesungguhnya anda sedang menariknya dalam kehidupan anda.

Tugas kita sebagai manusia adalah memelihara pikiran-pikiran yang kita inginkan, memperjelas apa yang kita inginkan dalam benak, dari situ kita mulai membangunkan salah satu hukum terbesar di alam Semesta ini. Jika anda ingin mengubah sesuatu dalam hidup anda ubahlah pikiran anda. Ketika anda membayangkan diri berada dalam kelimpahan, dengan sadar dan kuat anda menentukan hidup anda melalui hukum tarik-menarik. Memang semudah ini. Tetapi pertanyaannya adalah, “Mengapa tidak setiap orang menjalani hidup yang mereka impikan?” Masalahnya adalah kebanyakan orang memikirkan apa yang tidak mereka inginkan (John Assaraf dalam Ronda Byrne, 2006).

Satu wabah yang paling buruk yang pernah dijumpai manusia dan telah bergolak selama berabad-abad adalah wabah “tidak ingin”. Orang terus memelihara wabah ini ketika berpikir, berbicara, bertindak, dan berfokus pada apa yang tidak mereka inginkan. Mereka tidak menginginkan banyak tagihan dan hutang yang melilit, tetapi mereka selalu mengeluh, berbicara, tentang hutang mereka, berfikir terus dan fokus tentang hutang mereka maka sebenarnya mereka sedang menarik hutang-hutang itu lebih banyak lagi dalam hidup mereka. Dengarkan pikiran anda, dan dengarkan kata-kata yang anda ucapkan. Hukum ini mutlak dan tidak ada kesalahan (Ronda Byrne, 2006).

Ya, seharusnya kita selalu menjaga perasaan-perasaan baik, harapan-harapan dan cita-cita, dan terus memeliharanya agar terus berada dalam benak, kemudian benar-benar menjadi fokus dan perhatian kita sehingga, menurut Law Of Attraction, apa yang akan kita peroleh dalam hidup ini adalah kebaikan-kebaikan seperti yang kita harapkan. Bukannya mengisi otak kita dengan keluhan, keresahan, kekurangan, hutang, kesehatan yang buruk, menyalahkan orang lain sehingga keburukan itu semua tidak akan pernah sirna dari hidup kita.

Hukum tarik-menarik ini tidak mempersoalkan apakah anda memandang sesuatu sebagai baik atau buruk, atau apakah anda menginginkannya atau tidak. Jika anda terus memandangi tumpukan hutang merasa susah karenanya itulah sebenarnya sinyal yang anda kirimkan ke Semesta dan Semesta merespon mengirimkan hal serupa dalam hidup anda. Jadi anda sedang mengukuhkan keaadaan tersebut (Bob Doyle dalam Ronda Byrne, 2006).

Apapun yang ada dalam benak kita, tidak perduli apakah itu kita sukai atau kita benci, jika ia terus terpelihara dan menjadi perhatian, maka itulah yang akan masuk dalam hidup kita. Ketika kita terus hawatir tentang hutang dan tidak bisa mengembalikannya, maka hutang itu tidak akan sirna bahkan akan semakin mantap menyatu dalam hidup kita. Apapun yang kita pikirkan dan menjadi persangkaan, itulah yang akan kita terima. Jadi sebaiknya menyangka yang baik-baik saja agar kebaikan-kebaikan juga yang terjadi dalam hidup kita.
Segala sesuatu yang anda pancarkan lewat pikiran, perasaan, citraan mental, dan tutur kata anda akan didatangkan kembali dalam kehidupan anda
(Catherine Ponder dalam Ronda Byrne, 2006).

Segala sesuatu yang kita pikirkan, rasakan dan imajinasikan akan terpancar kepada alam semesta hal ini sering disebut sebagai “Vibration” atau getaran atau lebih sering diterjemahkan sebagai vibrasi. Jika perasaan kita nyaman dan senang dikatakan bahwa kita sedang memancarkan getaran positif atau vibrasi positif. Sebaliknya jika perasaan kita sedih, resah, hawatir maka kita memancarkan getaran negatif. Dalam hukum Law Of Attraction dikatakan bahwa setiap getaran yang kita pancarkan akan dikembalikan lagi kepada kita, apakah itu getaran negatif atau positif.

Ernest Holmes, Basic Ideas of Science of Mind dalam Rhonda Byrne (2006), mengatakan bahwa:
Semua pikiran akan menjelma nyata sesuai dengan itensitasnya. Setiap butir pikiran terkecil di dalam benak manusia mampu menggerakkan hukum itu untuk menjadi kenyataan.

Brian Tracy, dalam Rhonda Byrne (2006), mengungkapkan bahwa: Anda adalah sebuah magnet hidup; Anda bisa mendatangkan orang-orang, berbagai situasi dan kondisi selaras dengan pikiran anda. Apapun pikiran yang anda biarkan hidup dalam kesadaran, kelak akan tumbuh dan menjelma menjadi pengalaman nyata .

Sedangkan definisi Law Of Attraction menurut Michael J. Losier (2006) adalah bahwa: Segala sesuatu yang anda pikirkan dengan segenap perhatian, energi, dan konsentrasi pikiran, baik hal posistif maupun negatif, ia akan datang ke dalam hidup anda.

Einstein, seorang Fisikawan, menyampaikan sebuah pertanyaan yang sangat telak dalam hal ini, seperti apa yang diungkapkan dalam Ronda Byrne (2006) sebagai berikut:

Pertanyaan terpenting yang dapat dinyatakan manusia kepada dirinya sendiri adalah “Apakah dunia ini ramah?”. Apapun jawaban anda itulah yang akan anda alami dalam hidup anda di dunia.

Maksudnya jika jawaban anda bahwa dunia ini ramah dan indah, maka anda akan mendapati kehidupan anda di dunia ini ramah dan indah adanya. Dan sebaliknya jika anda mengatakan bahwa dunia ini keras & sulit, maka anda akan mendapati hidup ini dalam keadaan keras dan sulit.



Lalu Bagaimana The Secret ini menurut Islam?


2 comments:

  1. Pak, artikel ini sudah diterbitkan dalam bentuk buku ya?

    Wassalam

    ReplyDelete
  2. Belum Pak sedang dilenhkapi, maklum nulisnya di sela2 waktu. Mungkin Bab yang perlu ditambahkan adalah bagaimana solusi buat umat Islam, sesuai dengan Sunnah Rasulullah. Saya pikir ini perlu karena The secret ini sedang meng-influence di banyak kalangan, hampir semuatrainer selalu memasukkan materi ini baik secara explisit maupun implisit. Terima kasih perhatiannya.

    ReplyDelete