Friday 14 December 2007

Bangkit Kembali Dari Kegagalan

Posting : 14 Des 07
Update 1: 7 Jan 09
Update 2: 13 Apr 09

Para pembaca, saya pernah memotivasi seseorang yang sedang jatuh bangkrut dengan meninggalkan banyak hutang, bahkan rumahnyapun diancam disita bank. Sekarang beliau telah berhasil bangkit kembali dengan sangat dahsyat. Penghasilan bersih beliau sekarang tidak kurang dari 30 juta per bulan.



Kami share untuk para pembaca mungkin berguna.

Jatuhnya demikian parah sehingga dia kehilangan semangat sama sekali, selama hampir setahun pikiran buntu, ide semua lenyap, kreatifitas hilang sama sekali. Hampir setahun menganggap dirinya tak mampu dan tak berguna.

Yang kami lakukan adalah memberikan SMS setiap hari hingga kira-kira 2 bulan, saya tidak perduli dibaca atau tidak, yang penting setiap hari saya kirimi SMS. Kadang SMS saya di balas kadang tidak. Ternyata pada bulan ke tiga ia sudah memiliki semangat lagi, kemudian memulai bisnis dari awal lagi, dan setrusnya sehingga sekarang kehidupannya sudah mulai pulih.
Terlepas dari apakah recovery mentalnya dari motivasi saya atau tidak, bagiku itu tidak penting. Yang penting sahabat saya tadi sudah kembali happy & motivated.

Kronologi perjalanan Kejatuhan dan kebangkitan kembali adalah sbb:

Kurang lebih Juli 2006 beliau jatuh bangkrut, dari penghasilan bisnisnya kira2 20 juta bersih perbulan menjadi 0 perbulan bahkan mungkin minus. Pada bulan Juli 2007 (setahun kemudian) saya mencoba untuk memotivasinya dengan mengirimkan SMS setiap hari selama 2 bulan. Pada bulan September (bulan ketiga) beliau mulai menyadari dan mencoba bangkit lagi. Sekarang beliau menjadi konsultan pemasaran di bebarapa perusahaan dengan penghasilan rata-rata tidak kurang dari 7 juta perbulan, alhamdulillah.

Pada bulan april dia menangani proyek PPOB (pembayaran listrik online) dari PLN sebagai agen tunggal Jawa Tengah, dengan penghasilan tidak kurang dari 30 juta per bulan.

Orang tersebut adalah Bapak Kamal A.M. tinggal di Kudus Jawa Tengah
Bagi anda yang terinspirasi dg cerita ini boleh menghubungi langsung Bapak Kamal telepon 081575774934

Di bawah ini adalah SMS yang saya kirimkan kepadanya setiap hari, semuanya ada 55 nomor SMS. Setiap nomor adalah satu sms yang jumlah hurufnya kurang dari 155 (maximum jumlah huruf 1 pengiriman SMS). Mungkin Bermanfaat bagi anda.

TETAP OPTIMIS DAN TIDAK PUTUS ASA
1. Sukses hanya milik orang yang menghadapi kegagalan dengan gagah berani, dan tidak putus asa.
2. Sukses hanya milik orang yang yakin bahwa kegagalan sebenarnya tidak ada yang ada hanya sukses atau belajar.
3. Gagal hanya akan terjadi jika ketika belum berhasil lalu berhenti berusaha dan putus asa atau malas mencoba lagi.
4. Orang yg putus asa karena kegagalan tidak berhak mendapatkan lagi kesuksesannya yang pernah diraih.
5. Org optimis menganggap kgglan adl pelajaran berharga yg dibayar dg uang waktu, &kesabaran. Mk utk sukses dia berani mcoba lagi dg cara yang berbeda.
6. Orang putus asa selalu mengatakan tidak mungkin, orang optimis mengatakan selalu ada jalan bagi yang mau berusaha dan berfikir.
7. Pts-asa/Optimis(1): Pts-asa:Utk apa kerja krs, sy sdh tua gak lama lg mati. Optms: masih ada waktu 20 tahun lagi utk bs sukses kembali. Kt masuk yg mana?
8. Pts-asa/Optimis(2): Pts-asa:Sudahlah waktunya habis tinggal 10 menit. Optms: Ayo masih ada waktu 10 menit. Kt masuk yg mana?
9. Pts-asa/Optimis(3): Pts-asa:Alangkah gelapnya tempat ini. Optms:Masih ada secercah cahaya di sana. Kt msk yg mana?
10. Pts-asa/Optimis(4): Pts-asa:Dalam setiap kesempatan selalu ada kesulitannya. Optms:Dalam kesulitan itu banyak kesempatan. Kt masuk yg mana?
11. Pts-asa/Optimis(5): Pts-asa:Utk apa lagi toh saya sdh tua dan takberharga lagi. Optms:Aku hrs mengambil pelajaran dan akan kucoba lg dg cara yg berbeda.
12. Pts-asa/Optimis(6): Pts-asa:Sudahlah menyerah saja, capek. Optms:saya akan terus mencoba.
13. Pts-asa/Optimis(7): Pts-asa:Yaa itu kelemahan saya, maka tdk mungkin berhasil. Optms:saya memang punya kelemahan tapi saya jg masih punya kelebihan.
14. Pts-asa/Optimis(8): Pts-asa: Sdh setahun msh sedikit hasilnya, gak mungkin bangkit lagi. Optms:Alhamdulillah biar sedikit sudah mulai ada hasilnya.
15. Yang diperlukan hanya percaya bahwa setiap ada kesulitan selalu ada solusinya (kemudahan).
16. Allah berfirman: Sungguh bersama dengan setiap kesulitan ada kemudahan, bersama dengan setiap kesulitan ada kemudahan(QS:Al-insyiroh,5-6).
17. Kemudian yakin bhw sy bs bangkit lg & sukses kembali (dg tdk mengulangi kslh lama), jk kt yakin insya Allah akan jd nyata.
18. Allah bfirman dlm hds qudsi: “Aku adl seperti prasangka hambaku”. Jika percaya kita bisa bangkit lagi maka Allah akan membuat kita bangkit lagi.

BUAT TUJUAN YG JELAS
19. Buat Tujuan(1): Org membuat tujuan dibagi menjadi dua, 1)jangka pendek dan sempit, 2)jangka panjang dan luas.
20. Buat Tujuan(2) Tujuan yang luas lbh baik dr tujuan yang sempit. Contoh-sempit: Saya hrs sukses jualan mobil. Contoh-luas: Saya akan memiliki uang 1Milyar bisa dg banyak cara. Bila cara ini tdk brhsil coba cara yg lain.
21. Buat Tujuan(3): Tujuan jgk panjang lbh baik dr jgk pendek. Jgk pendek inginnya instan, jika tdk brhasil pts asa. Jgk panjang lbh thn lama, pelan tapi pasti.
22. Buat Tujuan(3): Tujuan harus jelas. Saya ingin kaya (tidak jelas), saya harus memiliki uang 1Milyar(jelas).
23. Buat Tujuan(4): Tujuan harus jelas kapan harus dicapainya. Contoh saya harus memiliki uang 1M pada bulan Nopember tahun 2010.
24. Cara Mencapai Tujuan(1): Mcapai tujuan bs dg berbagai cara, jika cara yg satu dicoba 1 tahun blm jelas hasilnya, harus ganti cara lainnya jgn ngeyel.
25. Cara Mencapai Tujuan(2): Jk thn ke1 hasilnya bs dipakai utk mprediksi jml penghasilan tahun ke2, maka usaha tersebut layak diteruskan.

MEMULAI USAHA
26. Memulai usaha(1): Pilih usaha yg kita yakini berhasil. Mulailah dengan modal kecil, jika hasilnya jelas cari leverage(bantuan modal tambahan).
27. Memulai usaha(2): Bantuan modal tambahan bisa dengan hutang bs juga dg patungan modal bagi hasil.
28. Memulai usaha(3): Cari ilmunya dengan belajar dari yang terbaik di dunia/di Indonesia, atau belajar dari yg sdh terbukti sukses.
29. Memulai usaha(4): Jangan sombong berfikir sendiri & merasa bisa, cari orang lain yg lbh sukses dalam bdg tsb, ajak diskusi, minta pendapat.
30. Memulai usaha(5): Jangan belajar/minta pendapat dari orang yg gagal dalam bidang tersebut.
31. Memulai usaha(6): Belajar dr ORANG SUKSES dg cr ajak kerjasama, kj sama membuat ia memberikan smua kiat suksesnya krn dia ingin anda sukses agar dia dpt untung dr anda.
32. Memulai usaha(7):Tidak ada sukses yang instan semua perlu proses, orang yang paling sabar dan teguh menekuni tujuannya-lah orang yang berhak sukses.
33. Jika dalam 6 bulan mulai tampak hasilnya, usaha tsb boleh dibilang sangat bagus.
34. Jika dalam 1 thn pendapatannya bs dipakai untuk memprediksi pdpt tahun depan dg optimis dan angkanya pasti, maka usaha tersebut layak diteruskan.

UNTUK JADI ORANG KAYA HARUS BERPERILAKU SBG ORG KAYA
35. Orang kaya mempunyai pola pikir tertentu, merasakan dengan perasaan tertentu, berbuat dengan cara tertentu.
36. Pola pikir orang kaya(1): Terus menerus ingin memberi manfaat pada orang lain, menyenangkan org lain, memudahkan orang lain. Apk kita sdh seperti itu?
37. Pola pikir org ky(2): Bila kerjasama selelu ingin saling menguntungkan(untung sama untung), tidak egois, tdk memenangkan diri. Kt sdh demikian?
38. Pola pikir org ky(3): Cita2nya jelas, tidak kabur(aku sudah memiliki 1Milyar pd 1 September 2010, utk keperluan ini, itu, dll).
39. Perasaan org kaya(1): Berani, berani mencoba, berani gagal dan coba lagi, berani menghadapi kenyataan, berani menghadapi orang, berani ditolak.
40. Perasaan org kaya(2): Komitmen. Tdk cukup hanya berani tapi juga menjalani segala konsekwensi untuk meraih sukses, enak ataupun tidak enak.
41. Perasaan org kaya(3): Yakin, tdk ragu2, optimis. Bagaimana dengan kita?
42. Perbuatan Org kaya(1): Menulis cita2nya, dg kata2 positif. Apk kita sdh menulis cita2 kita?
43. Perbuatan Org kaya(2): Punya alasan yang kuat mengapa cita2 itu harus berhasil, bisa mrasakan scr emosional betapa bahgia jk bhasil, dan sedihnya jika gagal.
44. Perbuatan Org kaya(3): Belajar dari yg TERBAIK di dunia/ Indoesia/ di kota kita dr org yg terbukti berhasil dlm bidangnya. Kita sdh melakukannya?
45. Perbuatan Org kaya(4)Berkumpul dengan orang yg sukses dalam bidangnya.
46. Perbuatan Org kaya(5)Memonitor usahanya terus menerus apk usahanya sdh bhasil, kalau belum kurang apa, kalau sdh berhasil apa yg bisa ditingkatkan lagi.
47. Perbuatan Org kaya(6)Fleksibel , luwes. Teguh pendirian dlm mcapai sukses tp fleksibel dlm cara, boleh ganti, gunakan cara yg plg efektif.
48. Perbuatan Org kaya(7)Terus belajar, terus meningkatkan kualitas diri.
49. Perbuatan Org kaya(8)Bersukur, selalu tingkatkan taqwa, berdoa, dan tawakkal.

ALLAH MAHA PENGASIH
50. Mintalah kepada Allah niscaya Allah akan menggapai kita
51. Bersukurlah maka Allah akan menambah nikmat kita
52. Bertakwalah maka Allah akan mengajari kita
53. Orang yg bertakwa Allah akan berikan jalan keluar dan Allah akan berikan rezeki yg datangnya dari arah yg tdk pernah diperhitunggkannya.
54. Berserah diri kepada Allah maka Allah akan mencukupi kebutuhan kita.

UNTUK JADI ORANG SUKSES HARUS BERPERILAKU SPT ORG SUKSES
55. Survey terhadap CEO perush2 besar di Amerika menunjukkan sebagian besar mereka jujur, berorientasi masa depan, bisa memberi inspirasi pd org lain.

No comments:

Post a Comment